Rumah Adat Halmahera

Rumah adat ini merupakan salah satu rumah adat maluku yang tertua karena sudah ada sejak zaman dahulu. Ada banyak ciri khas dari rumah adat maluku utara ini baik dari segi arsitektur atau kandungan nilai filosofisnya.

3 Rumah Adat Maluku Utara Gambar Penjelasannya Lengkap

Rumah sasadu memiliki sebuah desain rumah adat asli dari masyarakat suku sahu yang sudah ada sejak zaman dulu di halmahera.

Rumah adat halmahera. Salah satu suku di maluku utara yang masih memegang teguh kebudayaan lokal yakni rumah adat sasadu. Rumah suku togutil suku togutil artinya primitif banyak tinggal di kecamatan weda timur kabupaten halmahera tengah maluku utara. Rumah ini merupakan sebuah desain rumah adat asli masyarakat suku sahu yang telah ada sejak zaman dulu di halmahera.

Nah demikianlah keunikan dari rumah adat maluku utara yang bernama rumah sasadu khas masyarakat suku sahu. Jailolo saat liburan ke halmahera barat maluku utara traveler akan melihat banyak sekali rumah adat berbentuk unik yang disebut sasadu. Dari informasi yang dikumpulkan detiktravel kamis 1382015 sasadu merupakan rumah adat suku sahu yang banyak bermukim di kabupaten halmahera barat.

Desain rumah adat ini menggambarkan falsafah kehidupan orang sahu di dalam bermasyarakat. Atau dalam bahasa halmahera pongana mo nyawa suku yang hidup. Rumah adat hibualamo merupakan rumah adat yang berasal dari halmahera utara maluku utara.

Selain rumah adat baileo ada pula rumah adat sasadu. Rumah ini menggambarkan tentang falsafah hidup orang sahu dalam bermasyarakat. Rumah adat ini sejak awal ada lebih berfungsi sebagai balai adat atau tempat pertemuan bagi seluruh masyarakat suku sahu saat ada kegiatan adat.

Struktur dan arsitektur rumah sasadu. Rumah adat sasadu adalah desain rumah adat asli masyarakat suku sahu yang ada sejak zaman dulu di halmahera dan desainnya menggambarkan tentang falsafah kehidupan orang sahu dalam bermasyarakat. Tepatnya di desa gamtala kec.

Menurut bahasa asli setempat hibua berarti rumah sedangkan lamo berarti besar sehingga hibualamo memiliki pengertian rumah yang besar. Ini bukan rumah adat sembarangan melainkan menyimpan rahasia kearifan lokal. Rumah adat hibualamo baru diresmikan pada bulan april 2007.

Sahu halmahera barat anda akan melihat kenampakan nyata rumah adat ini berjejer di sebuah. Jika anda tertarik untuk melihat desain rumah adat ini secara langsung berkunjunglah ke halmahera langsung. Sebelum membahas tentang filosofi dan arsitekturnya perlu kita ketahui bahwa rumah adat sasadu bukanlah desain rumah yang berfungsi sebagai tempat tinggal.

Terimakasih sudah nonton vedio ini jangan lupa fullowo juga ya ke ig. Rumah adat maluku utara. Desain rumah adat sasadu merupakan representasi dari gaya hidup suku sahu.

Rumah adat sasadu merupakan rumah adat maluku yang berasal dari halmahera yang dibangun dan digunakan oleh suku sahu.

Rumah Adat Hibua Lamo Tobelo Halmahera Utara Binyek Nicolaas

Hibualamo Institut Leimena

Ada Gelar Adat Dan Rumah Untuk Jokowi Di Hutan Karet Belanda

Keindahan Budaya Halmahera Yang Tak Boleh Terlewatkan Para

Rumah Adat Maluku Utara Gps Wisata Indonesia


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Adat Betawi Dari Kayu

Rumah Adat Saoraja La Tenri Bali