Rumah Adat Betawi Dari Kayu

Rumah kebaya merupakan sebuah nama rumah adat suku betawi. Sebetulnya budaya betawi mengenal jenis rumah adat lainnya seperti rumah joglo rumah bapang dan rumah gudang.

Rumah Adat Betawi Seni Budaya Dan Keterampilan

Karena bentuk atapnya menyerupai sebuah pelana yang dilipat dan jika dilihat dari samping maka bentuk lipatan tersebut tampak seperti lipatan kebaya.

Rumah adat betawi dari kayu. Selain rumah kebaya suku betawi juga memiliki rumah adat lainnya seperti rumah gudang rumah joglo dan rumah panggung. Jika hal ini dibiarkan seiring berjalannya waktu kebudayaan asli betawi akan hilang bahkan tak sedikit anak anak betawi tidak tahu tentang rumah adat mereka. Disebut dengan rumah kebaya dikarenakan bentuk atapnya yang menyerupai pelana yang dilipat dan apabila dilihat dari samping maka lipatan lipatan tersebut terlihat seperti lipatan kebaya.

Rumah ini berbeda dengan rumah darat yang menempel ke tanah. Rumah panggung adalah salah satu jenis rumah tradisional suku betawi yang lantainya ditinggikan dari tanah dengan menggunakan tiang tiang kayu. Namun rumah adat betawi tidak hanya rumah kebaya.

Mengapa disebut rumah kebaya. Rumah adat kebaya merupakan rumah adat betawi yang sebagian besar digunakan oleh masyarakat kalangan menengah ke atas. Namun secara resmi rumah adat betawi adalah rumah kebaya.

Hanya saja yang lazim digunakan sebagai desain rumah tinggal adalah desain rumah kebaya ini. Selain itu balok yang terdapat pada tepi rumah dibuat dari bahan yang bisa didapatkan dari alam yaitu kayu nangka. Bagian atap biasa dibuat dari material genteng tanah atau dibuat juga dari anyaman daun kirai.

Untuk lebih detailnya sebagai berikut. Rumah tradisional suku betawi yang pertama yaitu rumah kebaya. Konstruksi rumah adat betawi yang satu ini adaah kuda kuda dan goding.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai rumah adat sulawesi utara rumah adat kalimantan barat dan rumah adat jawa tengah kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai rumah adat dari suku betawi. Rumah adat betawi yang terkenal di sebut rumah kebaya. Rumah panggung betawi dibangun di kawasan pesisir dengan tujuan untuk menanggulangi banjir atau air pasang.

Nah demikian penjelasan sekilas yang bisa kami sampaikan tentang rumah adat betawi dari dki jakarta yang bernama rumah kebaya. Secara konstruksi rumah adat betawi ini memiliki ciri dan keunikan tersendiri baik dari pondasi pendopo dinding atap dan lain lain. Kuda kuda dan goding tersebut terbuat dari material kayu kecapi dan kayu gowok.

Bentuk atapnya inilah yang menjadi ciri khas dari rumah adat kebaya. Rumah kebaya merupakan rumah adat betawi asli yang paling terkenal dan tercatat secara resmi sebagai simbol dari bangunan suku betawi. Nama kebaya dari rumah adat betawi ini terinspirasi dari bentuk desain atapnya yang apabila dilihat dari arah samping menyerupai bentuk lipatan kebaya.

Rumah adat betawi terdiri dari 3 jenis rumah adat yaitu rumah joglo rumah gudang dan rumah kebaya. Rumah ini adalah rumah adat resmi suku betawi. Keunikan rumah adat betawi ini adalah sebagai satu satunya rumah yang memiliki serambi ukuran luas untuk menerima tamu dan juga sebagai teras tempat bersantai semua anggota keluarga.

4 Jenis Arsitektur Tradisional Khas Rumah Betawi

Info Terbaru Harga Ornamen Gigi Balang Di Rumah Adat Betawi

1581739388000000

Filosofi Rumah Kebaya Adat Betawi Rumah Dan Gaya Hidup Rumah Com

Rumah Panggung Betawi Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Adat Saoraja La Tenri Bali