Rumah Adat Betawi Dan Namanya

Ondel ondel kerak telor gambang kromong merupakan beberapa contoh budaya betawi yang tentu tidak akan bisa dilepaskan dari jakarta sebagai identitasnya di kancah. Karena di beberapa daerah sangat di sayangkan rumah adat tradisional ini tidak terawat dengan baik.

Rumah Adat Betawi Nama Jenis Filosofi Arsitektur

Rumah adat suku betawi ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu bentuknya seperti kubus serta teras luas yang berfungsi untuk menjamu tamu dan sekaligus tempat berkumpul keluarga.

Rumah adat betawi dan namanya. Oleh karena itu sebagai generasi muda kita harus melestarikan dan merawat rumah rumah adat yang ada di indonesia. Rumah betawi ini merupakan salah satu rumah tradisional yang hingga kini masih tetap eksis dan dilestarikan oleh masyarakat. Perlu kita ketahui sebenarnya rumah adat suku betawi ada tiga jenis rumah adat betawi yang khas yaitu rumah joglo panggung gudang dan kebaya.

Bangunan didirikan di atas tiang kayu ulin yang kuat dan tahan air sedang pintu dinding dan lantai terbuat dari kayu tembesu. Karena di beberapa daerah sangat di sayangkan rumah adat tradisional ini tidak terawat dengan baik. Apabila dilihat dari arah samping maka akan terlihat seperti lipatan kebaya ditambah lagi kebaya merupakan kain tradisional betawi yang hingga saat ini masih dipakai dalam beberapa upacara adat.

Seiring berkembangnya kemajuan zaman kebudayaan lokal asli seperti pakaian adat tarian adat dan rumah adat betawi semakin tergerus. Rumah adat betawi suku betawi adalah suku di negara indonesia yang sebagian besar penduduknya bertempat tinggal di dki jakarta. Pakaian adat betawi dki jakarta meski secara historis suku betawi bukanlah suku asli dki jakarta kebudayaan dan adat istiadat dari suku ini semenjak dahulu terlanjur telah dikenal luas sebagai simbol atau ikon budaya jakarta.

Kebanyakan rumah limas memiliki luas 400 sampai 1000 meter2. Rumah bapang terdiri dari ruang tamu ruang keluarga ruang tidur kamar mandi dapur dan teras extra luas. Jika anda penggemar acara ftv tentu tidak asing dengan yang namanya suku betawi karena kebanyakan tema acara tersebut menggunakan latar betawi.

Rumah adat betawi ini memiliki nilai filosofis seperti namanya yakni kebaya karena konstruksi bangunan memang terlihat seperti kebaya. Oleh karena itu sebagai generasi muda kita harus melestarikan dan merawat rumah rumah adat yang ada di indonesia. Meski demikian pada artikel ini akan penulis urai semua jenis atau macam macam rumah adat jakarta tersebut.

Namun yang termasuk resmi sebagai rumah adat suku betawi hanya rumah kebaya. Atap rumahnya tampak seperti pelana kuda atau perisai dan di bagian. Rumah adat dan asalnya rumah adat di indonesia merupakan peninggalan yang harus kita jaga.

Anak anak betawi sekarang tidak tahu tentang asal usul. Rumah limas adalah rumah adat di indonesia khas sumatra selatan yang memiliki lantai bertingkat dengan bentuk atap yang menyerupai limas. Tak hanya logatnya saja yang menarik suku betawi juga memiliki rumah adat dengan bentuk yang unik.

Mereka adalah penduduk yang menempati batavia sejak abad ke 17. Secara arsitektur bangunan ini memiliki makna filosofis yakni karakter suku betawi yang selalu mengedepankan prinsip kekeluargaan keterbukaan keramahan dan keharmonisan. Rumah adat dan asalnya rumah adat di indonesia merupakan peninggalan yang harus kita jaga.

Sudah bisa di tebak dari namanya rumah adat betawi yang ini berdiri di atas tanah yang berbentuk persegi panjang rumahnya memanjang depan ke belakang.

Mulai Tahun Ini Lebaran Betawi Digelar Di Setu Babakan

Rumah Adat Betawi Serta Keunikan Dan Penjelasannya Perpustakaan Id

Tradisional Sabang Merauke Rumah Tradisional Adat Betawi

4 Rumah Adat Betawi Nama Gambar Penjelasannya Lengkap

4 Macam Rumah Adat Jawa Barat Masih Dapat Dijumpai


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Adat Betawi Dari Kayu

Rumah Adat Saoraja La Tenri Bali