Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam

Salah satunya bentuk rumah yang seperti panggung dengan berjarak sekitar 25 sampai 3 meter dari atas tanah. Salah satu bukti dari akulturasi kedua budaya tersebut adalah rumah adat aceh atau rumoh aceh.

Gambar Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam Surat Kabar

Kali ini kita akan mengupas tentang nama pakaian adat pada setiap daerah di indonesia.

Rumah adat nanggroe aceh darussalam. Rumah ini mempunyai tangga depan yang digunakan bagi tamu atau orang yang tinggal untuk masuk ke dalam rumah. Konon letak yang memanjang itu dipilih untuk memudahkan penentuan arah kiblat. Sebelumnya nama aceh biasa ditulis acheh atjeh dan achin.

Rumoh aceh merupakan rumah adat suku aceh di museum negeri aceh. Daerah yang memiliki jumlah penduduk sekitar 4500000 jiwa dengan ibu kota banda aceh ini kian hari tidak dikenal rumah adatnya oleh generasi muda. Bentuknya seragam yakni persegi empat memanjang dari timur ke barat.

Untuk mengenal 10 kebudayaan aceh yang istimewa ini kita mulai dengan mengenal rumah adatnya. Semoga dapat menjadi referensi bagi kita untuk semakin mengenal budaya masyarakat suku aceh. Rumah adat provinsi nad disebut rumoh aceh.

Rumah krong bade atau juga biasa dikenal dengan nama rumoh aceh adalah rumah adat dari provinsi terbarat di indonesia nanggroe aceh darussalam. Provinsi ini mendapat julukan serambi mekah karena adat kebudayaannya yang sangat dipengaruhi oleh kebudayaan islam dari jazirah arab. Dari segi ukir ukiran rumoh aceh di tiap tiap kabupaten di provinsi nad tidaklah sama.

Rumah adat aceh sendiri dikenal dengan nama rumoh aceh atau krong bade. Pakaian adat aceh nangroe aceh darussalam nad adalah salah satu provinsi di indonesia yang terletak di ujung barat pulau sumatera. Padahal rumah adat nad nanggroe aceh darussalam yang merupakan provinsi paling barat indonesia ini juga memiliki ciri khas yang unik yang patut kita ketahui.

Rumah krong bade adalah salah satu budaya indonesia yang hampir punah. Rumah krong bade merupakan rumah panggung dengan satu buah tangga depan yang biasa digunakan untuk berlalu lalang. Rumah krong bade juga biasa dikenal dengan nama rumoh aceh.

Rumah adat aceh ini keberadaannya sekarang semakin langka. Aceh pertama dikenal dengan nama aceh darussalam 15111959 kemudian daerah istimewa aceh 19592001 nanggroe aceh darussalam 20012009 dan terakhir aceh 2009sekarang. Belajar mengenal 34 nama rumah adat pakaian adat tarian adat dan senjata tradisional di provinsi indonesia lengkap indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman yang dimilikinya dari mulai sumber daya suku adat dan masih banyak lainnya kebudayaan kebudayaan yang belum banyak kita ketahui.

Rumah adat aceh aceh memang lekat dengan budaya islam karena aceh memang merupakan salah satu pintu masuk penyebaran agama islam di indonesia. Oleh karena itu budaya aceh seringkali tercipta dari campur baur antara budaya melayu budaya islam. Masing masing punya ragam ukiran yang berbeda.

Ada beberapa hal yang unik dan menjadi ciri khas dari rumah adat aceh ini. Jika artikel penjelasan rumah adat krong bade ini dirasa bermanfaat silakan share. Rumah krong bade adalah rumah adat dari nanggroe aceh darussalam.

Nah demikianlah pemaparan sekilas kami tentang rumah adat aceh beserta gambar sejarah filosofi dan penjelasannya.

35 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Penjelasan Romadecade

Rumah Adat Aceh Nama Gambar Komponen Lengkap

35 Rumah Adat Indonesia Beserta Asal Penjelasan Gambar Lengkap

1 Rumah Adat Dan Asalnya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Rumah

Doc Rumah Adat Provinsi Tradisional Rini Susanti Academia Edu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Adat Betawi Dari Kayu

Rumah Adat Saoraja La Tenri Bali