Rumah Adat Karo

Rata rata rumah adat dari klan batak ini dapur tempat memasak berada di tengah rumah. Rumah adat karo sumatera utara tradisikita rumah adat karo merupakan rumah adat khas suku karo di sumatera utara.

Restorasi Rumah Adat Karo Tribun Medan

Masing masing keluarga telah mempunyai peran masing masing didalam rumah yang bersangkutan.

Rumah adat karo. Percaya gak percaya pengambilan rohtendi orang mati orang yg sudah lanjut usiaacara adat suku karo sipemenna. Rumah adat karo seperti juga rumah adat toba mandailing simalungun dairi dan pakpak tidak memiliki kamar kamar. Suku karo merupakan salah satu suku tertua di indonesia.

Jadi siwaluh jabu merupakan rumah adat karo yang memiliki 8 ruangan dan dapat dihuni oleh 8 keluarga. Jabu jahe juga dibagi menjadi dua bagian yakni jabu ujung kayu dan jabu rumah sendipar ujung kayu. Rumah adat karo di lingga sewa bus pariwisata medan egrafis inilah 10 rumah adat sumatera utara dari berbagai suku pariwisata 34 macam rumah adat dan asalnya beserta gambar penjelasan download gambar sketsa rumah adat motif rumah adat karo denah 30043338 arsitektur tradisional batak toba rumah.

Rumah adat ini merupakan salah satu kekayaan rumah adat sumatera utara dari etnis suku karo. Inilah rumah adat karo sumatera utara rumah adat merupakan salah satu aset kebudayaan bangsa ini. Nama ini juga bukan sembarang nama ia memiliki makna bahwa rumah yang bersangkutan bisa didiami oleh delapan keluarga.

Rumah adat karo ini berbeda dengan rumah adat suku lainnya dan kekhasan itulah yang mencirikan rumah adat karo. Setiap daerah memiliki rumah adat dengan ciri khas dan keunikan masing masing. Lebih dikenal dengan nama rumah adat siwaluh jabu.

Semua rumah rumah adat ini adalah rumah panggung dengan falsafah masing masing pula. Dalam bahasa karo waluh artinya 8 dan jabu artinya rumah. Selanjutnya yang tidak kalah terkenal adalah rumah adat suku batak karo.

Beberapa peninggalan suku karo sejak berabad abad yang lalu masih bisa ditemukan di daerah taneh karo yaitu berupa rumah. Secara umum rumah adat ini terdiri atas jabu jahe hilir dan jabu julu hulu. Sayangnya siwaluh jabu di kampung cingkes tinggallah sebuah cerita.

Lau binge kablangkat sumut. Namun biasanya rumah adat ini terdiri dari delapan ruangan dan dihuni delapan keluarga. Namun sayang semakin hari semakin banyak masyarakat daerah yang meninggalkan rumah adat dan beralih pada rumah biasa.

Semua siwaluh jabu yang ada di kampung ini sudah hancur. Penempatan keluarga keluarga dalam rumah karo ditentukan oleh adat karo. Pada masyarakat karo terdapat suatu rumah yang dihuni oleh beberapa keluarga yang penempatan jabu nya didalam rumah tersebut diatur menurut ketentuan adat dan didalam rumah itu pun berlaku ketentuan adat itulah yang disebut dengan rumah adat karo.

Siwaluh Jabu Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Desa Lingga World Monuments Fund

Kisah Rumah Adat Karo Berusia 154 Tahun

Siswa Nerteduh Di Rumah Adat Karo Foto 2 1699419 Tribunnews

File Rumah Adat Karo Jpg Wikimedia Commons


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Adat Betawi Dari Kayu

Rumah Adat Saoraja La Tenri Bali