Rumah Adat Nowou Sesat

Penjelasan rumah adat nuwo sesat yang berasal dari daerah lampung sumatera. Berikut ini sekilas gambaran mengenai rumah adat lampung.

35 Rumah Adat Di Indonesia Dan Penjelasannya Lengkap Essay Co Id

Kini seiring berjalannya waktu fungsi nuwou sesat menjadi tempat tinggal biasa.

Rumah adat nowou sesat. Bentuknya menyerupai panggung atap terbuat dari anyaman ilalang dan kayu untuk menghindari serangan binatang buas. Dahulu rumah sesat beratap anyaman ilalang namun sekarang sudah menggunakan genting. Gambar di atas merupakan salah satu rumah adat dari indonesia ialah nuwo sesat dari lampung.

Rumah tradisional adat lampung ini termaksud kategori rumah panggung. Rumah adat di indonesia yang satu ini sudah sangat jarang sekali ditemukan di lampung. Rumah adat lampung nuwo sesat.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya provinsi lampung memiliki bebeapa jenis rumah adat. Sebagian besar materialnya terbuat dari papan kayu. Ciri ciri fisik ciri khas yang di miliki rumah tersebut adalah pada konstruksinya yang berbentuk panggung dan di sangga oleh tiang tinag besar yang kokoh.

Rumah tradisional ini juga dirancang tahan gempa. Namun sebenarnya struktur bangunannya masih mempunyai kemiripan dengan rumah adat sulawesi tenggara. Atapnya terbuat dari anyaman ilalang dan sebagian besar bahnnya terbuat dari kayu.

Dahulu rumah adat nowou sesat beratap anyaman ilalang namun sekarang sudah menggunakan genting. Rumah adat lampung nowou sesat berasal dari 2 kata yaitu nuwou yang berarti rumah dan sesat yang berarti adat. Nah untuk lebih jelasnya simak ulasannya dibawah ini.

Secara fisik nowou sesat berbentuk rumah panggung bertiang. Nuwo sesat berfungsi sebagai tempat pertemuan adat bagi para purwatin penyimbang pada saat mengadakan pepung adat musyawarah. Konstruksi rumah rumah adat lampung nuwou sesat berbentuk rumah panggung dengan kayu sebagai bahan bangunan utamanya.

Rumah adat lampung terdiri dari beberapa jenis yang tersebar di beberapa kabupaten. Rumah ini disangga dengan tiang tiang penopang yang didirikan di atas pondasi hingga lantai rumah. Nuwo sesat adalah salah satu rumah adat yang ada di provinsi lampung.

Secara garis besar terdapat empat jenis rumah adat yang dimiliki oleh provisi tersebut yang diberi nama nuwo balak lamban balik lamban pesagi dan nowou sesat. Pondasi dan tiang penyangga. Sebuah rumah adat yang sangat indah dan unik terpampang dari tampak depan rumah tersebut.

Rumah nowou sesat memiliki ciri khas panggung atap terbuat dari ilalang yang dianyam dinding dari kayu dan didirikan sejajar sepanjang jalan utama yang membelah kampung. Payung payung tersebut merupakan lambang dari tingkat tetua adat bagi masyarakat tradisional lampung. Untuk masuk ke dalam rumah ini kita harus menaiki anak tangga yang berada di depan dan di sebelah samping.

Nuwo sesat adalah rumah adat tradisional daerah lampung sumatra. Karena itu rumah adat ini juga disebut balai agung.

Lampung Custom House Design Nowou Sesat House Steemit

Rumah Adat Lampung Barat Timur Dan Pesisir Lengkap

34 Rumah Adat Provinsi Di Indonesia Lengkap Themoondoggies

Rumah Adat Di Indonesia Gambar Dan Pembahasan Lengkapnya Lensa

Rumah Adat Di Indonesia Beserta Gambar Dan Penjelasannya Bukubiruku


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Adat Betawi Dari Kayu

Rumah Adat Saoraja La Tenri Bali