Rumah Adat Radakng Dayak Kalimantan Barat

Rumah betang banyak ditemukan di kalimantan tengah dan kalimantan barat. Rumah adat dayak radakng ini layak dianugerahi rekor dunia dari muri kata jayasuprana di jakarta rabu 10713.

Rumah Radakng Rumah Adat Raksasa Di Pontianak

Rumah adat kalimantan barat adalah rumah radakng.

Rumah adat radakng dayak kalimantan barat. Rumah tetap tersebutlah yang menjadi rumah adat kalimantan barat. Tetapi lebih dari itu rumah betang suku dayak memiliki fungsi lain nilai adat yang tinggi. Rumah adat kalimantan barat budaya masyarakat dayak di kalimantan barat telah mengalami perubahan signifikan sebagai akibat dari perkembangan jaman yang terus melaju pesattidak seperti saat ini di masa silam masyarakat dayak umumnya hidup secara komunal tinggal bersama dalam satu rumah besar mencari makan bersama dan melakukan segala sesuatu dalam budaya kegotongroyongan.

Rumah radakng dirancang guna menampung sampai 600 orang di ruang utama. Penyebutan rumah radakng mengacu kepada penyebutan rumah betang oleh suku dayak kanayatn yang banyak terdapat di kalimantan barat. Rumah adat kalimantan barat kalbar.

Rumah adat dayak radakng di pontianak kalimantan barat kalbar segera dianugerahi rekor dunia kata pendiri museum rekor indonesia muri jayasuprana. Ini merupakan rumah adat terbesar yang ada di indonesia dan menjadi sebuah landmark bagi kota pontianak setelah tugu khatulistiwa. Suku suku dayak lain menyebut rumah betang dengan berbagai.

Konstruksi bangunannya terbuat dari kayu dengan ketinggian sekitar 5 8 meter. Terima kasih informasinya ternyata rumah radakng rumah adat kalimantan barat terbesar di indonesia dan ternyata sejarahnya punahnya rumah adat ini disebabkan oleh beberapa hal salah satu penyebabnya terjadi pada sekitaran tahun 1960 an. Rumah ini akan digunakan sebagai tempat tinggal sementara meskipun demikian setiap keluarga besar tetap mempunyai rumah tetap sendiri.

Pada masa ini komunisme menjadi isu yang sangat panas. Rumah radakng atau disebut juga rumah panjang merupakan rumah panggung yang memiliki panjang hingga 180 meter lebar 30 meter dan tinggi 58 meter di atas permukaan tanah. Rumah betang suku dayak tidak hanya dibangun sebagai tempat tinggal belaka.

Rumah panjang dalam bahasa dayak kanayatn rumah adat kalimantan barat disebut dengan rumah radakng atau rumah panjang. Rumah betang suku dayak selalu berbentuk panggung dan panjang sesuai dengan namanya. Sesuai dengan namanya rumah adat di kalimantan barat ini memiliki bangunan yang cukup panjang yaitu kurang lebih 138 meter dan lebar 6 7 meter dengan jumlah ruangan sekitar 50.

Rumah radakng rumah adat dayak kalimantan barat rumah radakng merupakan rumah panjang yang menjadi rumah adat bagi suku dayak yang berada di provinsi kalimantan barat. Dalam bahasa indonesia rumah adat betang radakng disebut rumah panjang atau rumah betang yang diambil dari bahasa dayak kanayatn.

Rumah Radakng Rumah Adat Dayak Instagram Photos And Videos

Misterpangalayo Replika Rumah Adat Radakng Rumah

Rumah Radakng Pontianak Rekor Muri Borneo Listeners Club

Foto Melihat Rumah Adat Tertua Di Kalimantan Barat Lifestyle

Gambar Pakaian Adat Kalimantan Barat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Adat Betawi Dari Kayu

Rumah Adat Saoraja La Tenri Bali