Rumah Adat Asal Lampung

Pada abad ke vii orang di negeri tiongkok sudah membicarakan suatu wilayah didaerah selatan namphang dimana terdapat kerajaan yang disebut tolang pohwang to berarti orang dan lang pohwang adalah lampung. Nama tolang pohwang berarti orang lampung atau utusan dari lampung yang.

35 Rumah Adat Indonesia Daerah Asal Penjelasan Beserta Gambarnya

Salah satunya adalah propinsi lampung.

Rumah adat asal lampung. Salah satu budaya yang paling menonjol bagi masyarakatnya adalah. Ciri khas rumah adat ini adalah bentuknya seperti panggung dan terdapat ornamen yang khas pada bagian sisi bangunan. Wilayah yang menjadi pintu gerbang menuju pulau sumatera ini memiliki kebudayaan yang tak kalah menarik.

Rumah ini disangga dengan tiang tiang penopang yang didirikan di atas pondasi hingga lantai rumah. Misalnya saja rumah adat lampung yang memiliki desain khas seperti rumah rumah di pulau sumatera. Pakaian ini juga kadang digunakan dalam pertunjukan seni tari daerah lampung seperti tari sembah tari bedana dan lain sebagainya.

Pada umumnya rumah adat ini memiliki ukuran yang sangat besar tapi pada zaman sekarang ukuran rumah adat ini dibuat tidak terlalu besar. Asal usul ulun lampung orang lampung erat kaitannya dengan istilah lampung sendiri. Pondasi dan tiang penyangga.

Rumah adat nowou sesat merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi lampung. Pertama upacara adat yang berhubungan dengan daur hidup atau lingkaran hidup kehamilan kelahiran masa kanak kanak masa dewasa perkawinan dan kematian. Pakaian adat lampung adalah peninggalan budaya lampung yang sangat khas dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Rumah adat nowou sesat merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi lampung. Lampung menjadi salah satu tujuan transmigran pada saat pemerintahan orde. Di masa silam provinsi ini menjadi tujuan transmigrasi yang paling utama bagi masyarakat jawa.

Wilayah yang dekat dengan pulau jawa ini memiliki ragam budaya yang tak hebatnya dengan wilayah wilayah lainnya. Berikut ini sekilas gambaran mengenai rumah adat lampung. Tari cangget merupakan tarian adat lampung muda mudi yang pada tahun 1942 sebelum bangsa jepang datang ke indonesia dikatakan selalu tampil pada acara berkaitan dengan gawi adat seperti upacara mendirikan rumah panen raya dan juga digunakan ketika mengantar seseorang yang akan pergi beribadah haji.

Pakaian adat lampung lampung sebagai kota dengan julukan kota pisang ini memiliki kekayaan budaya yang sangat mempesona. Upacara adat lampung lengkap penjelasannya seperti daerah lainnya secara garis besar upacara adat di provinsi lampung dikelompokkan menjadi dua. Konstruksi rumah rumah adat lampung nuwou sesat berbentuk rumah panggung dengan kayu sebagai bahan bangunan utamanya.

Disamping rumah dan tarian adatnya lampung juga memiliki budaya lain yang khas. Pada umumnya rumah adat ini memiliki ukuran yang sangat besar tapi pada zaman sekarang ukuran rumah adat ini dibuat tidak terlalu besar. Rumah adat lampung setiap daerah di indonesia memiliki keunikan tersendiri.

Rumah adat lampung lampung adalah sebuah provinsi yang terletak paling ujung di pulau sumatera. Pakaian adat ini sering digunakan para pengantin sebagai simbol kebesaran budaya lampung. Oleh karena itu selain dihuni oleh suku asli lampung beberapa suku pendatang seperti jawa sunda bugis bali dan lain sebagainya kini juga bermukim dan membaur di sana.

Ciri khas rumah adat ini adalah bentuknya seperti panggung dan terdapat ornamen yang khas pada bagian sisi bangunan.

Menengok Rumah Panggung Khas Lampung Di Bandar Lampung Duniaindra

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Badan Pengembangan Dan

Rumah Adat Belitung Asia Wisata

Menanti Estafet Pembangunan Di Provinsi Lampung 2019 Cendana News

Rumah Adat Lampung Lengkap Dengan Penjelasannya Kalimat Id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Adat Betawi Dari Kayu

Rumah Adat Saoraja La Tenri Bali